Kamis, 30 Mei 2013

Bahas indonesia2 Resensi


Nama               : Melati Puji Lestari
NPM                 : 14210336
KLS                  :3EA18

Judul                : Perselisihan
Karya                : Ngarto Februana
Tahun Terbit   : 1997
Isi                       : 6 hal
Penerbit            : Ceria Remaja
Sinopsis            :

            Pada cerpen ini di jelaskan bahwa dimana seorang anak angkat yang nakal dan suka mencuri bernama Hasan selalu membuat masalah. Masalah yang kali ini di buat tentang warisan orang tua angkatnya dimana dia ingin mendapat banyak sekali warisan,sampai adanya perselisihan dengan saudar-saudaranya. Akhirnya agar tidak terjadi kekerasan Ibu angkat Hasan meminta bantuan kepada Pak Lura dan Kamituo untuk menyelesaikan  masalah, tetapi Pak Lurah dan kamitou bersekongkol dengan Hasan untuk mengambil keuntungan  dari warisan tersebut.

Keunggulan        : 
           Pada cerpen kita mendapat pelajaran bahwa mempunyai   sifat sirik dan dengki itu tidak baik karena dapatmenimbulkan kejahatan. Sifat bijak sana pun perlu untuk menyelesaikan sebuah masalah agar tidak terjadi keributan. Dan juga di cerpen ini kita di ajarkan untuk beramal kelak untuk bekal kita di akhirat nanti.

Kelemahan          : 
         Cerpen ini tidak seharusnya menceritakan anak kecil      untuk menguping,bahkan orang dewasa pun tidak boleh menguping pembicaraan orang lain. Cerpen ini juga tidak memberitahu siapa nama tokoh anak kecil yang menguping tersebut. Cerpen ini juga tidak menceritakan      secara tuntas apa yang terjadi pada nenek dan tidak adanya yang member pelajaran untuk Hasan yang serakah dan suka mencuri.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Melati, koreksi dari Ibu hanya masalah teknis aja. Tulisannya dibuat lebih rapi agar mudah dan enak dibaca

    BalasHapus