Jumat, 13 April 2012

KEPEMIMPINAN

KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan adalah kemampuan seni atau tehnik untuk membuat sebuah kelompok atau orang mengikuti dan menaati segala keinginannya.
pemimpin adalah seseorang yang memiliki keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama.
Kepemimpinan menurut para ahli
Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 24).

1. Kepemimpinan adalah pengaruh antar pribadi, dalam situasi tertentu dan langsung melalui proses komunikasi untuk mencapai satu atau beberapa tujuan tertentu
Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957, 7
2. Kepemimpinan adalah sikap pribadi, yang memimpin pelaksanaan aktivitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Rauch & Behling, 1984, 46
3. Kepemimpinan adalah suatu proses yang mempengaruhi aktifitas kelompok yang diatur untuk mencapai tujuan bersama
Jacobs & Jacques, 1990, 281
4. Kepemimpinan adalah suatu proses yang memberi arti (penuh arti kepemimpinan) pada kerjasama dan dihasilkan dengan kemauan untuk memimpin dalam mencapai tujuan

PEMIMPIN YANG BERHASIL

Pemimpin yang berhasil adalah memimpin yang bisa mengayomi dan membimbing kelompok yang dipimpin menuju kea rah dan tujuan yang baik atau menuntun kelompok menuju kea rah yang di harapkan atau telah di cita citakan.
Pemimpin yang baik memiliki cirri cirri seperti berikut
Pemimpin yang selalu bersikap adil dan mengedepankan kebenaran
Pemimpin yang selalu melindungi warganya serta mengayomi
Pemimpin yang selalu mengedepankan kesejahteraan rakyatnya
Pemimpin yang dapat mengambil keputusan,dalam kondisi apapun
Pemimpin yang mau bekerja sama dengan orang lain
Pemimpin yang baik selalu memikirkan nasib rakyatnya , bagi nasib rakyatnya kedepan dan selalu menomorsatukan rakyatnya ,pemimpin yang dapat hidup sederhana ,mengikuti pola hidup rakyatnya. Tidak banyak menuntut fasilitas semata .atau hanya untuk memperkaya diri masing masing

PEMIMPIN YANG GAGAL

Menurut saya pemimpin yang gagal adalah pemimpin yang tidak bisa membawa rakyat nya menuju ke arah cita cita yang diharapkan bersama, pemimpin yang hanya memikirkan kepentingan diri sendiri beserta beberapa golongan tertentu.
Pemimpin yag gagal juga dapat dinilai dari taraf hidup di negaranya . jumlah masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan juga dapat di jadikan titik acuan untuk menilai seberapa gagal kah seorang pemimpin dalam mensejahterakan rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar