NPM : 14210336
KELAS : 3EA18
PERILAKU KONSUMEN
Perilaku konsumen
adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari,
membeli,menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah
dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Studi perilaku konsumen
muncul seiring dengan berkembangnya konsep pemasaran, yang merupakan cara pandang pemasar dalam menghadapi konsumen
dan pesaingnya, di mana pemasar berusaha memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen secara lebih efektif dari para pesaingnya.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.
Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.
Tujuannya adalah
memperoleh kepuasan pelanggan. Sehingga ilmu perilaku konsumen dibutuhkan
untukmengidentifikasi apa kebutuhan dan keinginan konsumen dan pelanggan
tersebut sehingga pemasar mampu menyusun dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat untuk
karakteristik konsumen yang menjadi target pasar.
Perilaku konsumen terkait dengan
strategi pemasaran, di mana pemasaran harus mampu menyusun kriteriapembentukan
segmen konsumen, kemudian melakukan pengelompokan dan menyusun profil dari
konsumentersebut.
Perilaku permintaan konsumen terhadap
barang dan jasa akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: pendapatan,
selera konsumen, dan harga barang, disaat kondisi yang lain tidak berubah
(ceteris paribus). Perilaku konsumen ini didasarkan pada Teori Perilaku
Konsumen yang menjelaskan bagaimana seseorang dengan pendapatan yang
diperolehnya, dapat membeli berbagai barang dan jasa sehingga tercapai kepuasan
tertentu sesuai dengan apa yang diharapkannya.
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar