ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP
PELAYANAN CARREFOUR HYPERMARKET BINTARO SEKTOR 7
Latar Belakang Masalah
Dalam
kompetisi global ini seperti dewasa ini, konumen cenderung untuk mempunyai
lebih banyak keinginan. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk selalu
melakukan kreasi dan meningkatkan kualitas pelayanannya dalam rangka memenuhi
kebutuhan konsumen. Jika hal ini tidak dilakukan tentunya mempunyai resiko akan
kegagalan mendapatkan laba maksimal dan berpalingnya para konsumen ke
kompetitor. Fenomena seperti ini memaksa perusahaan untuk mengubah paradigma
bisnis secara tradisional dan beralih orientasi kepada kepuasaan konsumen serta
mengambil strategi proaktif demi meningkatkan daya saingnya.
Kualitas
pelayanan telah menjadi senjata paling jitu untuk berkompetisi yang digunakan
oleh pemimpin dalam perusahaan dagang ataupun jasa. Para pemimpin dalam
perusahaan dagang ataupun jasa. Para pemimpin perusahaan dagang dewasa ini
berusaha membuat kualitas pelayanan yang super sebagai upaya untuk mendapatkan
loyalitas konsumen.
Salah
satu hal yang menjadi fokus bagi bisnis jasa sekarang ini adalah membina
hubungan jangka panjang dengan konsumen dengan cara menyediakan kualitas
pelayanan yang memadai. Dewasa ini, hampir semua industri dagang ataupun jasa
memfokuskan diri pada upaya meningkatkan pelayanan yang diberikan. Pada umumnya
semakin lama konsumen menjalin hubungan dengan perusahaan, mereka biasanya
lebih mampu memberikan laba bagi perusahaan.
Tujuan
memberikan pelayanan yang berkualitas bagi para konsumen yaitu menciptakan rasa
puas yang tercemin dari perilaku mereka untuk memilih layanan yang kita berikan
dan atau mempengaruhi mereka untuk kembali lagi diwaktu lain dan juga
merekomendasikan kepada kolega dan keluarganya. Jika hal itu terjadi, maka
dapat dikatakan bahwa mereka telah merasakan pelayanan yang berkualitas dan
menjadi loyal.
Berdasarkan uraian di atas, penulis
tertarik untuk mengangkat masalah kepuasan konsumen dengan judul “ANALISIS KEPUASAN
KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN CARREFOUR HYPERMARKET BINTARO SEKTOR 7”.
Tujuan
Penilitian
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasaan konsumen terhadap pelayanan
yang diberikan oleh Carrefour Hypermarket Bintaro Sektor 7.
Metode
Penitilian
1.
Objek Penelitian
Objek
yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Carrefour Hypermarket
Bintaro Sektor 7.
2.
Data / Variabel
Data
yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yang dapat dari
konsumen melalui kuisioner. Kuisioner terbagi atas 50 pertanyaan mengenai
kualitas pelayanan Carrefour Hypermarket Bintaro Sektor 7 dengan mengambil
sampel sebanyak 100 responden.
3.
Metode Pengumpulan Data / Variabel
Dalam
pengumpulan data penulis menggunaka metode kuisioner. Yaitu metode pengukuran
yang berupa pertanyaan-pertanyaan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen
terhadap keseluruhan pelayanan yang diterima. Pernyataan-pernyataan tersebut
diukur dengan 5 point skala Likert dengan tingkatan dari “Sangat Tidak Puas”
sampai dengan “Sangat Puas”.
4.
Hipotesis
Hipotesa
awal penelitian ini adalah konsumen tidak puas terhadap pelayanan Carrefour
Hypermarket Bintaro Sektor 7.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar