Kamis, 29 November 2012

TEORI TENTANG PELAYANAN KEPUASAAN KONSUMEN TERHADAP HYPERMART GIANT


  1. TEORI TENTANG PELAYANAN KEPUASAAN KONSUMEN TERHADAP HYPERMART GIANT

    Bisnis ritel merupakan aktivitas bisnis yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Pada perkembangannya, kini bisnis ritel di Indonesia mulai bertransformasi dari bisnis ritel tradisional menuju bisnis ritel modern. Perkembangan bisnis ritel modern di Indonesia sudah semakin menjamur di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya toko retailer modern yang membuka cabang di berbagai wilayah di Indonesia.

    Perusahaan ritel dapat dikategorikan berdasarkan ciri - ciri tertentu, antara lain : 


    §  Discount stores, adalah toko pengecer yang menjual berbagai macam barang dengan harga yang murah dan memberikan pelayanan yang minimum.
    §    Speciality stores, merupakan toko eceran yang menjual barang - barang jenis lini produk tertentu saja yang bersifat spesifik.
    §  Departemen stores, adalah suatu toko eceran berskala besar yang pengelolaannya dipisah dan dibagi menjadi bagian departemen - departemen yang menjual macam barang yang berbeda - beda.
    §  Convenience stores, adalah toko pengecer yang menjual jenis item produk yang terbatas, bertempat ditempat yang nyaman dan jam buka yang panjang.
    §  Catalog stores, merupakan suatu jenis toko yang banyak memberikan informasi produk melalui media katalog yang dibagikan kepada para konsumen potensial.
    §  Chain stores, adalah toko pengecer yang memiliki lebih dari satu gerai dan dimiliki oleh perusahaan yang sama.
    §  Supermarket, adalah toko eceran yang menjual berbagai macam produk makanan dan juga sejumlah kecil produk non-makanan dengan sistem konsumen melayani dirinya sendiri (swalayan).
    §  Hypermarkets, adalah toko eceran yang menjual jenis barang dalam jumlah yang sangat besar atau lebih dari 50.000 item dan mencakup banyak jenis produk. Hypermarket merupakan gabungan antara retailer toko diskon dengan hypermarket.
    §  Minimarket, merupakan adalah semacam toko kelontong yang menjual segala macam barang dan makanan, namun tidak sebesar dan selengkap supermarket. Minimarket menerapkan sistem swalayan.
    Berikut daftar beberapa perusahaan retail di Indonesia :
    §  Matahari Departemen Store, adalah sebuah jaringan toserba yang menjual baju dan bahan pakaian lainnya. Matahari merupakan salah satu perusahaan ritel yang terkenal di Indonesia. Disamping menjual baju dan bahan pakaian, matahari juga menjual kosmetik, sepatu/sandal, makanan, peralatan dapur dll. Matahari memiliki 79 jaringan di seluruh Indonesia.
    §  Hypermart, adalah perusahaan jenis hypermarket milik Matahari Group : pemilik matahari departemen store. Hypermart memiliki 38 cabang di Indonesia.
    §  Foodmart Supermarket. Foodmart merupakan transformasi dari konsep Matahari supermarket. 
    §  FoodMart Express (Convenience Store).
    §  Boston Drugs Store. Toko retail yang menjual obat - obatan.
    §  Times Books Store. Toko yang menjual berbagai jenis buku. 
    §  Timezoneadalah sebuah tempat hiburan dimana hiburan tersebut berupa permainan/game.
    §  Carrefour, merupakan sebuah hypermarket asal Perancis. Dibuka pertama kali di Indonesia pada bulan oktober 1998 yakni di Cempaka Putih (Jakarta) sebagai unit pertama Carrefour di Indonesia. Pada perkembangannya kini Carrefour memiliki 66 gerai Hypermarket dan 15 gerai Supermarket.
    §  Carrefour Express (Convenience Store)
    §  Tiptop Supermarket
    §  Griya Supermarket
    §  Yogya Supermarket
    §  Indomaret, adalah jaringan peritel waralaba di Indonesia. Merk dagang Indomaret dipegang oleh PT.Indomarco Prismatama.
    §  Alfamart, merupakan perusahaan retail yang bergerak pada bisnis waralaba swalayan yang menjual barang - barang keperluan sehari - hari.
    §  Circle K, adalah minimarket yang beroperasi 24 jam penuh, hal ini yang menjadikannya populer di belahan dunia termasuk Indonesia dimana konsep minimarket seperti ini masih jarang. 
    §  Ceriamart Minimarket
    §  Alfamidi, toko retail sejenis dengan minimarket namun Alfamidi berukuran lebih besar dan produk yang dijual lebih beragam dari minimarket. Alfamidi dikelola oleh PT.Midi Utama Indonesia.
    §  Starmart Minimarket (Conveinence Store)
    §  Giant Hypermarket
    §  Hero Supermarket
    §  Guardian Drug Store
    §  Electronic City, toko yang menjual berbagai jenis peralatan elektronik.
    §  Super Home, toko retail yang menjual perkakas rumah tangga, dan peralatan bangunan.
    §  Ramayana Supermarket
    §  Sport Station, toko retail yang menjual peralatan olah raga (sepatu, kaos dll)
    §  Warehouse, toko retail yang menjual sepatu, baju dan berbagai peralatan olah raga.
    §  Gramedia Books Store
    §  Gunung Agung Books Store
    §  Super Indo Swalayan
    §  Disc Tarra, toko kaset/CD/DVD resmi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar